8 Langkah Cara Membuat Skripsi Kuantitatif BAB 3 Metode Penelitian

8 Langkah Cara Membuat Skripsi Kuantitatif BAB 3 Metode Penelitian

KAMPUSPEDIA - Apa saja langkah-langkah dan cara dalam membuat proposal penelitian skripsi kuantitatif untuk BAB 3 Metode Penelitian ?

Nah setidaknya ada 8 langkah yang mesti teman-teman perhatikan dalam menyusun BAB 3 Metode Penelitian. Simak ulasan dan penjelasannya berikut ini ya. 

Skripsi Kuantitatif BAB 3 Metode Penelitian

Menulis proposal penelitian untuk mahasiswa sebagai syarat tugas akhir memang mesti dikerjakan dengan sabar dan telaten. 

Bahkan kita mesti runtut dalam menuliskan setiap bab, komponen, dan susunannya harus jelas, sistematis, serta logis. 

Agar kita sendiri dan dosen pembimbing maupun saat ujian proposal penelitian yang diajukan dapat mudah dipahami. 

Setelah sebelumnya, kita sudah membahas tentang BAB 1 dan BAB 2, nah pada artikel ini kita membahas khusus untuk BAB 3. 

Bagaimana cara menyusun untuk penelitian skripsi kuantitatif pada BAB 3 Metode Penlitian, simak penjelasannya. 

Dikutip KampusPedia dari video di Kanal YouTube Chodidjah Makarim, yang diunggah pada 23 Oktober 2020, simak penjelasannya berikut ini ya dari Dr Chodidjah Makarim, M.Si.

Dr Chodidjah Makarim mengatakan bahwa di dalam BAB 3 harus mencerminkan cara-cara yang akan dilakukan pada proses penelitian. 

"Kemudian bab 3, bab 3-nya itu adalah metode penelitian. Nah di dalam bab 3 ini mencerminkan adalah cara-cara yang akan ditempuh di dalam proses penelitian," katanya.

Ia menyebut pada BAB 3 Metode Penelitian inilah akan memberikan gambaran lebih terperincian, tentang komponen penting. 

"Itu akan tergambar dengan baik ada di bab 3. Jadi hati-hati ini ya bab 3 itu harus betul-betul mencerminkan bagaimana penelitian itu akan dilaksanakannya," ujarnya. 

Langkah apa saja yang harus diperhatikan dalam menulis proposal, ikuti setidaknya delapan langkah berikut ini menurut Dr Chodidjah Makarim, dalam videonya.

Kemudian yang pertama di bab 3 itu adalah menentukan kalau kuantitatif ini lokasi, lokasi penelitian dan waktu penelitian, kapan akan dilaksanakan.

"Kemudian yang kedua penjelasan tentang populasi dan sampel. Jangan lupa jelaskan juga unit analisisnya. Yang ketiga adalah kerangka penarikan sampel. Jelaskan rumus kerangka penarikan sampel, seperti apa," ungkapnya.

Selanjutnya ditulis dengan baik dan benar secara akurat. "Kemudian nanti diakhiri berapa jumlah sampel yang kita butuhkan itu harus dituliskan dengan baik, dengan benar. Jadi angkanya itu harus akurat, rumusnya apa," sebutnya.

Kemudian yang keempat adalah teknik pengumpulan datanya seperti apa. Teknik observasi, teknik wawancara, teknik apa yang akan digunakan.

"Wawancaranya seperti apa ya kita jelaskan dan yang kelima jelaskan juga validitas dan reliabilitas dari instrumen validitas dan reliabilitas instrumen cantumkan validnya dan reliabilitasnya," jelasnya.

Selanjutnya, untuk poin yang ke 6 adalah pengukuran variabel mulai dari definisi operasionalnya seperti apa itu dijelaskan dan yang ketujuh kaitan dengan nomor 6 tadi.

"Lanjutkan dengan parameter penelitian di point ke-7 teman-teman harus menjelaskan variabel penelitian. Kemudian parameter penelitian, didahului juga dengan indikator, jadi variabel penelitian, indikator penelitian, lalu parameter penelitian," tuturnya.

Dia menyarankan agar juga membaca beberapa buku tentang metode penelitian. 

"Jadi ini bacalah buku buku metodologi penelitian tentang variabel, indikator dan parameter, karena disitu harus jelas apa ukurannya dan bagaimana cara mengukurnya," pintanya.

Terakhir, ia menjelaskan semua langkah ini dalam BAB 3 Metode Penelitian akan berkaitan dengan tujuan penelitian dalam proposal Skripsi Kuantitatif.

"Dan yang terakhir adalah jelaskan juga di metode penelitian adalah menganalisanya seperti apa, menggunakan rumus apa. Ini akan berkaitan dengan tujuan penelitian yang akan kita capai," tutupnya.

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai 8 Langkah Cara Membuat Skripsi Kuantitatif BAB 3 : Metode Penelitian.

Sumber Referensi : Kanal YouTube Chodidjah Makarim

Sumber Foto : KampusPedia/Istimewa

Related Posts

Posting Komentar