Cara Membuat Bab 3 Metode Penelitian Kualitatif : Isi Kerangka, Contohnya

Cara Membuat Bab 3  Metode Penelitian Kualitatif : Isi Kerangka, Contohnya

KAMPUSPEDIA - Menulis proposal penelitian kualitatif pada bab 3 perlu menyesuaikan isi kerangka yang relevan pada topik atau judul skripsi.

Lalu bagaimana cara membuat Bab 3 Metode Penelitian Kualitatif ? Ini isi kerangka dan contohnya. Setiap mahasiswa diberikan kebebasan dalam menentukan penelitian akhir atau skripsi. 

Dengan memilih penelitian kuantitatif maupun kualitatif. Semuanya disesuaikan pada kemampuan mahasiswa tersebut.

Terkhusus pada mahasiswa bidang ilmu humaniora. Pendekatan penelitian kedua cara kuantitatif dan kualitatif, menjadi pilihan yang dominan.

Dalam setiap penelitian yang dilakukan Mahasiswa. Karena disesuaikan dengan berbagai gejala atau fenomena sosial yang ada di masyarakat.

Nah dalam penulisan juga mesti mengikuti langkah langkah yang benar. Mulai dari menentukan judul penelitian.

Kemudian, menuliskan latar belakang masalah pada bab 1, dan isi penting lainnya yang ada di bab 1 penelitian tersebut.

Selanjutnya, pada bagian bab 2 jug demikian. Menyusun beberapa hal penting yang ada pada setiap bagiannya.

Lalu gimana untuk bab 3 dalam penelitian kualitatif, bagaimana cara menuliskan isi dan kerangkanya ?

Dilansir KampusPedia dari Kanal YouTube Chodidjah Makarim berjudul Cara Menulis Proposal Kualitatif, diupload pada 04 November 2020.

Menurut Dr Chodidjah Makarim, M.Si mengatakan bahwa dalam penulisan penelitian kualitatif di bab 3 mesti memperhatikan langkah yang benar.

Misalnya seperti penulisan tempat dan waktu, jenis penelitian, dan lainnya, itu menjadi penting dalam Bab 3 Metodelogi Penelitian.

"Lalu Bab 3 adalah metodologi penelitian. Ungkapkan di bagian A Jenis Penelitian, seperti apa. Kemudian, setting penelitiannya kemukakan disitu," katanya, dikutip KampusPedia pada Rabu 24 November 2021.

Kemudian tempat dan waktu penelitian jelaskan tempatnya di mana, alasan mengapa peneliri memilih tempat tersebut.

"Jangan lupa sudah berkali-kali saya sampaikan di dalam pemilihan tempat alasannya harus ilmiah. Bukan karena kita dekat dengan lokasi itu, bukan karena kita akan mendapatkan fasilitas di lokasi tersebut," ucapnya.

"Atau ada orang-orang yang akan memberikan kemudahan. Itu boleh saja kita terima, tapi tidak usah dituliskan di dalam proposal seperti itu, itu namanya tidak ilmiah," imbuhnya.

Ia mengingatkan agar di dalam metode penelitian di Bab 3 pada skripsi itu menyampaikan tempat secara ilmiah.

"Tapi kemukakanlah alasan pemilihan tempat harus berdasarkan pola pikir ilmiah, alasannya ilmiah. Kemudian waktu, waktu juga berapa lama waktu yang diperlukan kan itu ada kaitannya dengan biaya," paparnya.

Kemudian, yang bagian ketiga, bagian C jelaskan juga sumber data yang akan di peroleh dari mana dan dari siapa.

"Jadi jelaskannya begini sumber data yang diperoleh dari pihak mana. Kemudian siapa, siapa itu berarti orangnya, jabatannya, partisipannya itu apa," ucapnya.

Misalnya apa sebagai petani, sebagai guru, sebagai pengusaha, sebagai apa. Lalu data yang akan diambil dari dia itu apa.

"Berikutnya unit analisisnya itu apa, misalnya kelompok belajar, kelompok petani, ataupun masyarakat pedalaman, masyarakat perkotaan itu dijelaskan unit analisisnya," ungkapnya.

Selanjutnya pada bagian e teknik pengumpulan data. Jadi tekniknya apa, Teknik observasi, teknik wawancara, misalnya wawancaranya tentunya wawancara terbuka.

"Wawancara tidak terstruktur ya, itu bentuk-bentuknya yang akan masuk di dalam kelompok teknik pengumpulan data atau mungkin dalam bentuk yang lain," terangnya.

Dia melanjutkan misalnya observasinya itu model apa, misal observasi langsung maupun tak langsung. Itu ada pedomannya jelaskan di bagian e. 

"Kemudian tentu saja yang terakhir adalah analisa data. Terakhir dari bagian bab 3, saya ulangi ya di bab 3 itu ada jenis penelitian, ada tempat dan waktu, sumber data, unit analisis, teknik pengumpulan data dan analisa data," pungkasnya.

Nah itulah sekilas penjelasan dan ulasan serta pembahasan tentang Cara Membuat Bab 3  Metode Penelitian Kualitatif : Isi Kerangka, Contohnya.

Sumber Referensi : 

Judul video : Cara Menulis Proposal Kualitatif 

Kanal YouTube : Chodidjah Makarim

Diunggah pada 04 November 2020

Sumber Foto : 

www.pixabay.com

Related Posts

Posting Komentar