Cara Membuat Bab 4 Skripsi Kualitatif, Ini Fungsi Proposal Penelitian

Cara Membuat Bab 4 Skripsi Kualitatif, Ini Fungsi Proposal Penelitian

KAMPUSPEDIA - Bagaimana ya Cara Membuat Bab 4 Skripsi Kualitatif ? Mau tahu tipsnya, simak penjelasan dan ulasan berikut ini.

Begitu juga mengenai apa itu sebenarnya Fungsi dari adanya Proposal Penelitian yang dilakukan mahasiswa maupun seorang peneliti.

Menyusun rencana untuk membuat proposal penelitian kualitatif memang perlu persiapan.

Mulai dari setiap langkah demi langkah harus dilakukan bagi setiap mahasiswa dan seorang peneliti.

Bagi mahasiswa yang tengah berada di semester akhir atau tingkat akhir, maka tugas menyelesaikan skripsi menjaid paling utama.

Agar dapat selesai dengan cepat dan tepat pada waktunya, sehingga tidak terjadi nanti pihak kampus melakukan drop out atau do.

Kepada mahasiswa yang bersangkutan karena belum juga siap menyelesaikan tugas pada skirpsinya tersebut.

Nah setelah sebelumnya kita sudah membahas secara singkat mengenai langkah langkah menulis proposal skripsi penelitian kualitatif.

Maka pada tahapan selanjutnya ini, yaitu untuk penyusunan Bab 4 yang juga penting untuk diperhatikan, serta memahami apa itu fungsi dari proposal penelitian.

Dilansir KampusPedia dari Kanal YouTube Chodidjah Makarim yang berjudul Cara Menulis Proposal Kualitatif, diupload pada 04 November 2020.

Dr Chodidjah Makarim, M.Si menjelaskan bahwa pada Bab 4 itu bagian dari penyusunan dan gambaran rencana pembiayaan.

"Nah sekarang Bab 4 itu gambarkan rencana pembiayaan yang dibutuhkan dan silahkan dibuat secara mendetail," ujarnya, dikutip KampusPedia pada Rabu, 24 November 2021.

Ia mengingatkan agar penulisan di rencana biaya itu secara detail dan bukan hanya garis besar saja.

"Jadi jangan garis besar, tapi mendetail untuk apa biaya yang dibutuhkan itu berapa dan untuk apa," ungkapnya.

"Kemudian begini kalau anggaran dananya itu sudah jelas kelihatan, maka akan kelihatan berapa, hubungannya dengan waktu," imbuhnya.

Dimana waktunya lama tentu biayanya lebih panjang lagi atau mungkin di balik karena ingin menghemat waktu.

"Maka biaya meningkat, nah nanti akan kita lihat kesesuaian antara anggaran dengan waktu yang dibutuhkan. Tentu saja, ditutup dengan daftar pustaka dan lampiran lampiran jika diperlukan," paparnya.

Ia lantas menjelaskan mengenai fungsi dari proposal.

"Baik teman teman sekalian fungsi dari proposal itu apa, itu harus kita lihat ya, supaya kamu bisa membuat proposal kualitatif ini dengan bagus ya, dengan tepat," sebutnya.

Lanjutnya, jadi fungsi proposal itu adalah memberikan informasi secara lengkap, tentang proses penelitian yang akan di lakukan.

"Jadi disitu akan kelihatan dari mulai rencana judulnya sampai pelaksanaan tahap demi tahapnya. Karena di dalam proposal itu harus berfungsi sebagai acuan di dalam melaksanakan penelitian," ucapnya.

Begitu juga sebetulnya proposal juga adalah merupakan sarana dalam pengajuan anggaran, pengajuan permohonan dana.

"Tentu saja kalau kamu misalnya melakukan penelitian ada dukungan dana dari sponsor, kan enak, jadi meringankan," katanya.

Pihaknya menyampaikan untuk teman teman mahasiswa untuk membuat proposal sedetail mungkin, seakurat mungkin, selengkapnya mungkin. 

"Supaya dosen pembimbing mu begitu melihat proposal penelitian mu, akan setuju dan tentu saja kalau ini terjadi kan senang cepat di ACC proposalnya. Cepat melaksanakan penelitian dan cepat lulus," tutupnya.

Nah itulah sekilas penjelasan dan ulasan serta pembahasan tentang Cara Membuat Bab 4 Skripsi Kualitatif, Ini Fungsi Proposal Penelitian. 

Sumber Referensi : 

Kanal YouTube Chodidjah Makarim

Judul video : Cara Menulis Proposal Kualitatif

Diunggah pada 04 November 2020

Sumber Foto : 

www.pixabay.com

Related Posts

Posting Komentar