Cara Membuat Latar Belakang Masalah Skripsi, Lakukan Studi Pendahuluan

Cara Membuat Latar Belakang Masalah Skripsi, Lakukan Studi Pendahuluan

KAMPUSPEDIA - Masih bingung dalam memulai untuk menulis atau menyusun latar belakang masalah pada skripsi ? Kamu bisa coba melakukan langkah awal yaitu studi pendahuluan.

Apa itu studi pendahuluan ? Simak penjelasan dan ulasan berikut ini dari Dr Chodidjah Makarim, M.Si dibawah ini ya.

Menulis proposal skripsi pada latar belakang masalah memang menjadi awalan yang terkadang membuat mahasiswa bingung.

Terlebih, sebagain mahasiswa juga belum mengerti tips dan trik mudah memulai menyusun skripsi di latar belakang masalah.

Oleh karena itu mahasiswa juga mesti banyak meluangkan waktu untuk membaca buku, jurnal maupun penelitian terkait.

Yang hendak diambil oleh mahasiswa bersangkutan dalam memilih topik penelitian pada skripsinya tersebut.

Dengan demikian, teman-teman mahasiswa tidak lagi mengalami kesusahan atau kesulitan dalam merangkai kalimat di latar belakang masalah pada skripsi tersebut.

Menurut Dr Chodidjah Makarim, M.Si menjelaskan bahwa dalam menuliskan latar belakang masalah.

Seseorang mahasiswa mestinya juga mulai melihat berbagai hal dan situasi di lingkungannya.

Hal itu dipaparkan Dr Chodidjah Makarim, M.Si melalui Kanal YouTube Chodidjah Makarim berjudul Cara Membuat Latar Belakang Masalah Pada Skripsi, diunggah pada 6 Desember 2019.

"Bagaimana kemudian latar belakang masalah itu dibuat, kamu banyak bacalah banyak melihat situasi di lapangan. Misalnya lakukan apa namanya studi pendahuluan," katanya, dikutip KampusPedia pada Selasa, 23 November 2021.

Ia menerangkan dalam studi pendahuluan itu memang menjadi sangat penting dilakukan saat memulai menyusun latar belakang masalah.

"Jadi studi pendahuluan itu sangat penting dilakukan dalam rangka menuangkan hasil nya itu pada latar belakang masalah," sebutnya.

"Jadi apa yang kamu lihat misalnya kalau penelitian tadi di sebuah SMA, misalnya apa yang kamu lihat komunikasinya seperti apa," imbuhnya.

Dia melanjutkan seperti contoh sebelumnya mengenai hubungan komunikasi dengan motivasi berprestasi pelajar di sebuah SMA.

"Kita lihat misalnya bagaimana mereka berkomunikasi ada nggak hubungannya dengan kemampuan prestasi belajarnya, dengan tingkat motivasinya dan sebagainya itu dilihat di identifikasi," sambungnya.

Pada saat studi pendahuluan, seorang peneliti bisa menanyakan beberapa hal kepada guru atau siswa di sekolah tersebut.

"Ya wawancara pendahuluan melakukan gak apa-apa jadi bisa melakukan wawancara pendahuluan dengan guru. Dengan siswa ataupun pihak-pihak yang bisa memberikan masukkan ya atas inisiatif kamu keinginan kamu meneliti hal tersebut," paparnya.

Menurut dia, studi pendahuluan bisa dijadikan pijakan di dalam menulis latar belakang masalah. Jadi sesungguhnya latar belakang masalah itu adalah kalau diibaratkan rumah itu adalah pintu gerbangnya.

"Pintu gerbang akan melakukan sebuah penelitia. Jadi di dalam latar belakang masalah itu peneliti akan mengarahkan kemana arah penelitian itu," ungkapnya.

"Jadi kamu menulis sampai rapi begitu kemana arahnya. Kalau orang baca ini arah peneliti dari latar belakang itu akan kelihatan apa yang akan dilakukan oleh peneliti," jelasnya.

Kemudian juga akan nampak di dalam latar belakang itu apa yang harus dan mengapa penelitian itu dilakukan.

"Ada apa, kemudian siapa dan mengapa di dalam sebuah gambaran latar belakang masalah. Jadi betul betul akan kelihatan sebetulnya judul yang diambil oleh teman-teman itu apakah itu layak diteliti atau tidak," tegasnya.

Ia mengingatkan bahwa dalam penilaian kelayakan penulisan pada skripsi itu terlihat pada latar belakang masalah yang diangkat.

"Akan tergantung bagaimana teman-teman menuliskan latar belakang masalah. Ya jangan lupa," tutupnya.

Nah itulah sekilas pembahasan dan penjelasan mengenai topik Cara Membuat Latar Belakang Masalah Skripsi, Lakukan Studi Pendahuluan.

Sumber Referensi :

Kanal YouTube Chodidjah Makarim

Judul Video : Cara Membuat Latar Belakang Masalah Pada Skripsi

Diunggah pada 6 Desember 2019

Sumber Foto : www.pixabay.com

Related Posts

Posting Komentar