Ciri Ciri Penelitian Kualitatif, Ini Penjelasannya Terbaru

Ciri Ciri Penelitian Kualitatif, Ini Penjelasannya Terbaru

KAMPUSPEDIA - Apa saja ciri ciri dari penelitian kualitatif yang ingin kamu gunakan dalam metode penelitian pada skripsi ?

Nah untuk menjawab pertanyaan topik diatas, yuk simak penjelasan dan ulasan berikut ini dari Dr Chodidjah Makarim, M.Si

Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun dan menulis proposal tugas akhir pada skripsi memang menjadi bagian penting.

Ada beberapa metode penelitian yang biasanya dipilih oleh mahasiswa, yaitu ada kuantitatif dan kualitatif.

Pada setiap pemilihan metode dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan judul maupun masalah penelitian yang diangkat oleh mahasiswa. 

Oleh karena itu, untuk memahami metode penelitian yang akan digunakan, sebaiknya mahasiswa juga mengetahui serta memahami ciri cirinya.

Baik ciri pada penelitian kuantitatif dan kualitatif. Nah pada kesempatan kali ini, kita akan sekilas memahami ciri pada penelitian kualitatif. 

Dilansir Kampus Pedia dari Kanal YouTube Chodidjah Makarim berjudul Ciri Ciri Penelitian Kualitaitif diunggah pada 04 Maret 2020.

Dr Chodidjah Makarim menjelaskan beberapa ciri ciri penting dalam penelitian kualitatif, yang perlu mahasiswa ketahui.

Sebelum menentukan dan mengambil metode penelitian yang sesuai dengan judul pada skripsi maupun masalah penelitian yang dikajinya.

"Baik teman-teman sekalian atau kita adalah ciri-ciri penelitian kualitatif," katanya, dikutip Kampus Pedia pada Senin, 29 November 2021.

Ia melanjutkan setidaknya ada empat ciri ciri penting dalam penelitian kualitatif .

"Yang pertama adalah tujuan dari penelitian kualitatif yaitu pemahaman secara mendalam atas suatu permasalahan," sebutnya.

Dia menyebut dalam penelitian kualitatif lebih analisisnya mendalam. 

"Jadi kalau kamu memang tujuan yang ingin mendalami suatu permasalahan. Sangat tepat kalau pendekatan yang dipilih adalah pendekatan kualitatif," paparnya.

Kemudian, untuk ciri yang kedua adalah cirinya bersifat induktif yaitu dimulai dari pendekatan empiris.

"Nah kalau di dalam pendekatan kuantitatif diawali dengan pendekatannya yaitu sifatnya deduktif," imbuhnya. 

"Dari mulai teori dari berdasarkan teori kita mengembangkan ke arah yang sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti," jelasnya.

 "Tapi pada kualitatif kita memulai dari induktif yaitu berdasarkan fenomena kehidupan yang ada di dalam masyarakat," sambungnya.

Dimana mengangkatnya adalah secara induktif berdasarkan fakta fakta empiris. Jadi bukan menguji teori seperti pada pendekatan kuantitatif.

Kemudian yang ketiga pada pendekatan kualitatif cirinya adalah screening nya pada proses jadi proses penelitian itu itu adalah penekanan yang utama.

"Jadi oleh karena itu sebelum teman-teman ke lapangan menemui partisipan melakukan mengambil data di lapangan," sebutnya.

Maka disiapkan betul panduan wawancara dengan baik dan apa yang akan dilakukan di lapangan saat proses penelitian itu disiapkan dengan baik.

"Karena sesungguhnya di dalam penelitian kualitatif proses itu adalah yang utama. Kemudian yang keempat metode penelitiannya adalah deskriptif analitik," ucapnya.

Itu artinya apa bahwa di dalam proses penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. 

"Itu teman-teman harus menyajikan sebuah gambaran yang lengkap dari sebuah atau beberapa buah variabel atau sejumlah variabel yang akan diteliti," bebernya.

Menurutnya, dengan metode pendekatan penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif. Bisa saja menyelesaikan skripsi tepat waktu.

"Baik saya kira itu saja mudah-mudahan bermanfaat sekali lagi. Kesimpulannya apapun pendekat yang dipilih mau kualitatif maupun kuantitatif," tuturnya.

"Mana yang lebih cepat itu tergantung kepada teman-teman menyelesaikannya. Kalau diselesaikan secara sungguh-sungguh ya akan cepat selesai dan cepat lulus," pungkasnya.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman mengenai topik Ciri Ciri Penelitian Kualitatif, Ini Penjelasannya. 

Related Posts

Posting Komentar