Contoh Membuat Proposal Penelitian Kualitatif Bab 1 dan 2, Ini Caranya

Contoh Membuat Proposal Penelitian Kualitatif Bab 1 dan 2, Ini Caranya

KAMPUSPEDIA - Kamu yang masih bertanya bagaimana cara menulis dan membuat proposal penelitian kualitatif untuk di bab 1 dan bab 2.

Perhatikan tips dan contoh berikut ini, cara menyusun proposal penelitian kualitatif untuk mahasiswa pada setiap babnya.

Memahami langkah langkah dalam menulis penelitian kualitatif mesti juga kamu perhatikan. Tidak bisa sembarangan dalam menentukan setiap bagian penulisan ilmiah dalam skripsi mahasiswa.

Karena kalau sampai ada kesalahan dalam penulisan bisa menjadi kesalahan yang fatal, dan membuat kamu bisa saja mengulang sidang skripsi.

Oleh karena itu kamu mesti memperhatikan langkah awal, tips dan contoh yang mudah dalam memulai menulis proposal skripsi.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan menyimak penjelasan dan ulasan dari Dr Chodidjah Makarim, M.Si melalui unggahan video.

Pada kanal YouTube Chodidjah Makarim yang diupload pada tanggal 04 November 2020. Simak ya ulasannya dibawah ini.

Menurut Dr Chodidjah Makarim, M.Si menerangkan bahwa dalam proses penyusunan proposal penelitian kualitatif.

Itu menjelaskan rencana penelitian secara terperinci di setiap babnya.

"Baik teman teman sekalian, apa sih yang disebut dentan Proposal penelitian. Proposal penelitian adalah sebuah dokumen usulan untuk sebuah proyek penelitian," katanya, dikutip KampusPedia pada Rabu, 24 November 2021.

Selanjutnya, dia mengatakan tentu saja, ini tujuannya adalah untuk menyampaikan rencana penelitian. Secara terperinci sistematis, nah itu masukkan di dalam sebuah dokumen.

"Tentu sistematika akan kita pelajari secara bersama. Kita lihat sekarang sistematikanya. Ada bab 1 itu latar belakang masalah, ini umum ya," sebutnya.

"Kemudian berisi rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian. Ada panduan di dalam penulisan proposal di kampus yang tertentu memasukkan fokus penelitian pada bab 1," ucapnya.

Menurutnya memang ada juga yang memasukkan fokus penelitian pada bab 2. Pada contoh kali ini ia memasukkan fokus penelitian pada bab 2.

"Jadi saya ulangi, bab 1 latar belakang masalah. Kemudian perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian. Sedangkan bab 2 itu adalah kajian teori atau tinjauan pustaka atau juga ada yang memasukkan landasan teori," paparnya.

Ia menyebutkan tapi ini beda ya antara landasan teori dengan tinjauan pustaka, dengan kerangka teori.

"Meskipun ada sama-sama di bab 2 itu mempunyai makna tersendiri. Nanti Insyaallah dilain kesempatan kita bahas apa itu bedanya," imbuhnya.

Kemudian di dalam pemaparan tentang teori ini di bab 2, itu sebutannya landasan teori atau tinjauan pustaka.

"Dibagian pertama kalau kita ambil a b c, a nya itu adalah kemukakan teori yang berkaitan dengan variabel penelitian kita," sambungnya.

Kemudian di bagian b definisi konseptual bukan definisi operasionalnya, itu biasanya ada pada penelitian kuantitatif, karena digunakan untuk pengukuran.

"Nah di dalam hal ini cukup kita menggunakan definisi konseptual. Kemudian dibagian c masuklah fokus penelitian," jelasnya.

Ia mengingatkan dimana fokus penelitian itu apa, dan fokus penelitian itu sebaiknya bukan merupakan pertanyaan, bukan seperti perumusan.

"Tapi nyatakan apa yang menjadi fokus dalam penelitian kita," tutupnya.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan serta ulasan mengenai Contoh Membuat Proposal Penelitian Kualitatif Bab 1-2, Ini Caranya.

Sumber Referensi : 

Kanal YouTube Chodidjah Makarim

Judul Video : Cara Menulis Proposal Kualitatif

Diupload pada tanggal 04 November 2020

Sumber Foto : 

www.pixabay.com

Related Posts

Posting Komentar