Hindari 5 Kesalahan Ini dalam Menulis Latar Belakang Masalah Skripsi

Hindari 5 Kesalahan Ini dalam Menulis Latar Belakang Masalah Skripsi

KAMPUSPEDIA - Hai sobat para pejuang skripsi, ada informasi penting nih yang perlu diketahui, yaitu ada 5 Kesalahan dalam menulis proposal skripsi yang mesti sobat hindari.

Apa saja ? Nah untuk menjawabnya simak penjelasan dan ulasan serta pembahasan awak perihal cara membuat skripsi yang baik dan benar.

Memang sih menulis proposal skripsi itu susah susah gampang. Apalagi bagi kamu yang belum terbiasa menulis esai atau artikel.

Pasti akan mengalami kendala dalam penyusunan proposal skripsi. Begitu juga ada hal hal penting yang mesti sobat hindari, dalam penulisan skripsi.

Agar tidak terjadi kesalahan dan pengulangan dalam mengerjakan proposal skripsi. Kamu juga mesti menghindari kesalahan kesalahan awal ketika menulis skripsi.

Dilansir KampusPedia dari Kanal YouTube Chodidjah Makarim berjudul Cara Membuat Latar Belakang Masalah Pada Skripsi, yang diunggah pada 9 Desember 2019.

Dr Chodidjah Makarim, M.Si menjelaskan ada beberapa hal penting yang bisa menjadi kesalahan dalam menulis proposal skripsi, terutama pada latar belakang masalah.

Ia menegaskan bahwa hal ini tidak boleh dituliskan dalam latar belakang masalah, seperti pendapat pribadi hingga pola umum ke khusus.

"Nah apa yang tidak boleh di dalam latar belakang itu yang tidak boleh ditulis. Yang pertama pada latar belakang masalah tidak boleh menuliskan pendapat sendiri ya," katanya, dikutip KampusPedia, Selasa, 23 November 2021.

"Apalagi tidak ada data tidak ada fakta itu tidak boleh," imbuhnya.

Kemudian hindari kesalahan yang kedua tidak boleh menuliskan kalimat harus atau seharusnya.

"Jadi misalnya seharusnya seorang siswa tidak boleh ataupun komunikasi siswa di dalam proses belajar di sekolah harus begini begini begini itu tidak boleh," sebutnya.

Ia mengingatkan agar mahasiswa ketika menuliskan latar belakang masalah tidak menggunakan kata seharusnya atau harus.

"Tidak boleh menerapkan atau membuat kalimat seharusnya ataupun harus, karena ini adalah baru latar belakang masalah bukan solusi ya," tegasnya.

Selanjutnya yang ketiga hindari menuliskan prasangka di dalam latar belakang masalah pada skripsi.

"Kemudian tidak boleh melakukan prasangka-prasangka, tidak boleh harus berdasarkan data dan fakta," jelasnya.

Kemudian yang keempat, jangan lupa selalu tutup dengan makin mengerucut. "Jadi makin mengecil karena kan deduktif dari yang umum ke khusus," sambungnya.

Terakhir, dalam penulisan latar belakang masalah ingat menggunakan Piramida Terbalik.

"Jangan sampai mengembang umum khusus umum lagi khusus begitu. Jadi jangan itu, harus piramida terbalik yang jadi dari umum ke khusus," pungkasnya.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman mengenai topik Hindari 5 Kesalahan Ini dalam Menulis Latar Belakang Masalah Skripsi.

Sumber Referensi :

Kanal YouTube Chodidjah Makarim

Judul Video : Cara Membuat Latar Belakang Masalah Pada Skripsi 

Diunggah pada 6 Desember 2019

Sumber Foto : www.pixabay.com

Related Posts

Posting Komentar