Pengertian Metode Deskriptif Analisis Kualitatif, Ini 3 Cara Prosesnya

Pengertian Metode Deskriptif Analisis Kualitatif ? Ini 3 Cara Prosesnya

KAMPUSPEDIA - Apa pengertian dari metode deskriptif analisis kualitatif yang sering digunkan oleh mahasiswa dan para penliti ? 

Nah mau tahu jawabannya, simak penjelasan berikut ini beserta dengan ada tiga cara dalam proses menganalisanya. Yuk baca.

Metode sangat penting digunakan dalam pelaksanaan penelitian, baik dalam ilmu sains maupun ilmu sosial.

Dengan adanya metode penelitian sesorang penliti akan jadi lebih mudah, serta punya landasan dalam mengambil data di lapangan.

Seperti halnya dalam metode penelitian kualitatif. Ada metode deskriptif analsisi yang sering juga digunakan oleh mahasiswa dan peneliti.

Lalu apa sih sebenarnya pengertiannya ? Nah menurut I Made Winartha menjelaskan bahwa metode analisis deskriptif kualitatif ialah menganalisis, menggambarkan.

Dan meringkas berbagai kondisi, maupun situasi dari berbagai data yang dikumpulkan. Dimana berupa hasil wawancara atau pengamatan mengenai masalah yang sedang diteliti.

Kemudian, menurut Sugiyono menjelaskan bahwa metode analisis yang berlandaskan pada filsafat post positivisme yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah.

Dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. hasil penelitian kualitatif lebih menekankan pada makna daripada generalisasi.

Nah itulah sekilas memahami pengertiannya. Lalu bagaiaman proses analisisnya atau dalam penyusunannya ? 

Dilansir Kampus Pedia dari Kanal YouTube Chodidjah Makarim, dengan judul Ciri Ciri Penelitian Kualitatif, diunggah pada 04 Maret 2020. 

Ia menjelaskan beberapa ciri pada metode penelitian kualitatif. Salah satunya yaitu mengenai deskriptif analisis.

"kemudian yang keempat, metode penelitiannya adalah deskriptif analitik. Artinya bahwa di dalam proses penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif," katanya, dikutip Kampus Pedia, Senin, 29 November 2021.

"Itu teman-teman harus menyajikan sebuah gambaran yang lengkap dari sebuah atau beberapa buah variabel atau sejumlah variabel yang akan diteliti," bebernya.

Dia melanjutkan jadi selengkap-lengkapnya itu harus dijabarkan di dalam hasil penelitiannya, dari proses wawancara, dari proses observasi dan sebagainya.

"Pada saat proses itu diterjemahkan ke dalam sebuah metode deskriptif analitik. Jadi  gambarannya sajikan dengan lengkap variabel-variabel yang akan diteliti," sebutnya.

Selanjutnya untuk apa yang akan dijelaskan, jelaskanlah sesuai dengan data yang diperoleh oleh teman-teman pada saat di lapangan.

Kemudian bagaimana menganalisanya. Nah di dalam proses analisanya yang pertama adalah menyajikan informasi apa yang didapatkan pada saat proses penelitian.

"Informasi apa sajikan. Jadi tentu saja penyajiannya berdasarkan deskriptif ya gambaran secara verbal bukan dengan angka seperti pada pendekatan kuantitatif," ucapnya.

Kemudian yang kedua adalah mulai melihat pada tahap kedua ini melihat hubungan-hubungan antar variabel. 

"Jelaskan hubungan hubungan antar variabel pada saat menganalisa data," imbunnya.

Kemudian yang ketiga adalah membandingkan antara variabel.

"Jadi berapa variabel yang diteliti bandingkanlah satu dengan yang lain. itu adalah proses analisa data di dalam penelitian kualitatif," pungkasnya.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman serta ulasan mengenai topik Pengertian Metode Deskriptif Analisis Kualitatif ? Ini 3 Cara Prosesnya. 

Sumber Referensi Lainnya : 

http://etheses.uin-malang.ac.id/1960/7/10520021_Bab_3.pdf

Related Posts

Posting Komentar