Tips Daftar Kuliah Beasiswa Luar Negeri, Wajib Punya Dokumen Ini

Tips Daftar Kuliah Beasiswa Luar Negeri, Wajib Punya Dokumen Ini

KAMPUSPEDIA - Punya rencana untuk melanjutkan daftar kuliah ke luar negeri, jangan lupa persiapkan dokumen penting ini ya.

Simak tips daftar kuliah luar negeri berikut ini, yang mesti kamu persiapkan dan penting banget sebagai syarat awal untuk perjalanan ke luar negeri.

Emangnya apa sih dokumen penting tersebut, mau tahu, yuk simak penjelasan dari Mahasiswi Sakarya University Fadiah Mukhsen yang kuliah di Turki.

Kuliah ke luar negeri memang menjadi impian dan keinginan bagi sebagian orang atau pelajar dan mahasiswa di Indonesia.

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yang ada di luar negeri menjadi daya tarik tersendiri, serta dapa menambah hal baru bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia.

Berbagai persiapan dan syarat administrasi pun harus diperhatikan, mulai dari nilai, IPK, sertifikat TOEFL atau IELTS serta syarat lainnya.

Tak kalah penting kamu juga mesti punya passport untuk memperlancar perjalanan kamu menuju ke luar negeri tempat tujuan kuliah atau universitas yang kamu pilih.

Apalagi untuk saat ini banyak beasiswa yang ditawarkan oleh negara luar untuk warga Indonesia. 

Oleh karena itu kamu mesti mengambil kesempatan emas tersebut. Jangan lupa buat kamu yang pingin dan ada rencana untuk kuliah ke luar negeri.

Persiapkan juga passport ya. Kenapa menjadi penting membuat passport lebih dulu ? Nah berikut ini alasannya.

Dilansir KampusPedia dari akun Instagram pribadi @fadiahmukhsen, ia menceritakan alasan kenapa penting membuat passport.

Meskipun belum terlalu dekat untuk berangkat kesana, tapi baginya penting sejak dini membuat passport.

Hal ini disampaikan dalam judul video pada unggahan di Instagram pribadi @fadiahmukhsen yaitu Daftar Kuliah Luar Negeri Wajib Punya Passport Gak Sih ?

Menurutnya penting untuk segera memiliki passport, meskipun belum tahu kapan akan kuliah atau jalan jalan ke luar negeri.

"Kalau kita daftar beasiswa luar negeri wajib punya passport nggak sih ? Presiden aja kalau mau ke luar negeri wajib punya passport," katanya, dikutip KampusPedia Rabu, 24 November 2021.

Dia melanjutkan dengan memiliki passport menjadi motivasi dan usaha awal dalam berjuang kuliah ke luar negeri.

"Apalagi kita, tapi pasti banyak yang bakal bilang, ini kan baru daftar, belum berangkat. Iya, aku tahu, ini baru daftar," sebutnya.

"Cuman, dengan punya passport, dengan kalian udah pegang passport. Itu juga sebagai salah satu usaha kalian," imbuhnya.

Dia menyebut terkadang untuk membuat passport itu kan lama. 

"Karena sekarang bikin passport itu lama. Jadi kalau misal kalian keterima beasiswa. Misalkan deadline nya dua bulan lagi," paparnya.

"Apakah kalian bisa menjamin, passport kalian tuh udah selesai, dalam waktu dua bulan. Jadi lebih baiknya," sambungnya.

Pihaknya menyarankan agar membuat passport dari jauh jauh hari.

"Bikin dari jauh jauh hari. Walaupun belum tahu mau kemana. Kayak ih nggak mungkin, impossible gitu. Bikin aja dulu. Usaha aja dulu," ajaknya. 

"Siapa tahu nanti kalian ada rezeki ke luar negeri. Entah umroh, haji, jalan jalan ke luar negeri, atau dapat beasiswa," sebutnya.

Menurutnya passport tuh penting banget, sebagai salah satu motivasi, acuan kalian juga.

"Kalau kalian lihat punya passport di kamarkan, ih gue udah punya passport nih. Berarti gue harus pakai passport ini suatu hari nanti," tegasnya.

"Jadi kalau misalnya sekarang, kalian punya waktu, punya kesempatan, punya uang, bikin passport dari sekarang," imbuhnya.

Fadiah Mukhsen juga membagiman pengalamannya pada caption di Instagram, @fadiahmukhsen dengan membagikan kisah pribadinya mengenai passport.

"Di tahun 2016, hampir gagal berangkat ikut magang internasional ke Thailand karena belum punya passport, padahal udah lolos segala macam seleksi," tulisnya

"Dari situ aku belajar : "kamu gak akan pernah tau ke bagian dunia mana takdir akan membawamu!". Sedia passport aja dulu, masa depan itu gak ada yang tau. Itu rahasia Allah, yang penting usaha dulu," sebutnya.

Ia menuturkan agar apapun hasilnya nanti setelah membaut passport sisanya serahkan kepada Allah karena gak ada yang gak mungkin bagi Allah! Semangat.

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai Tips Daftar Kuliah Beasiswa Luar Negeri, Wajib Punya Dokumen Ini.

Sumber Referensi : 

Instagram @fadiahmukhsen

Sumber Foto : 

www.pixabay.com

Related Posts

Posting Komentar