Tips Selesaikan Skripsi, Pakai Metode Penelitian Kualitatif ? Ini Caranya

Tips Selesaikan Skripsi, Pakai Metode Penelitian Kualitatif ? Ini Caranya

KAMPUSPEDIA - Kenapa ya mahasiswa yang suka dan hobi menulis cocok menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif ?

Mau tahu kenapa, simak penjelasan, dan alasannya berikut ini, beserta dengan tips cepat menyelesaikan skripsi. Yuk baca Tips Selesaikan Skripsi, Pakai Metode Penelitian Kualitatif ? Ini Caranya. 

Bagi teman teman mahasiswa khususnya yang ilmu sosial humaniora yang akan berencana melakukan penelitian skripsi.

Pasti akan menentukan pilihan metode penelitian apa yang akan digunakan dalam analsisa temuan di lapangan.

Apakah menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif atau kualitatif. Itu semuanya tergantung pilihan dan kemampuan mahasiswa bersangkutan. 

Nah untuk mahasiswa yang akan menggunakan metode penelitian kualitatif, ada baiknya untuk mengenal beberapa ciri dari kualitatif.

Dimana pendekatan penelitian kualitatif ini tidak menggunakan statistik atau non statistik. Begitu juga dalam hipotesis penelitiannya, tidak merumuskan.

Namun, bahkan untuk menemukan rumusan dari hipotesis tersebut, serta hipotesisnya yang bisa saja berubah-ubah sesuai dengan temuan fakta di lapangan. 

Dilansir Kampus Pedia dari kanal YouTube Chodidjah Makarim, yang berjudul Ciri Ciri Penelitian Kualitatif, diunggap pada tanggal 04 Maret 2020.

Menurut Dr Chodidjah Makarim, M.Si menjelaskan ada hal penting yang perlu diketahui mahasiswa dalam mengambil metode penelitian kualitatif tersebut.

Ia menyebut hal penting itu adalah bagian dari ciri ciri pendekatan metode penelitian kualitatif, yang sebagian mahasiswa menggunakannya.

"Baik teman-teman sekalian itu ciri-ciri dari pendekatan kualitatif dan yang paling penting adalah yang pertama tujuannya itu harus mendalam," katanya, dikutip Kampus Pedia, Selasa, 30 November 2021.

Dia menuturkan untuk mendalami suatu permasalahan dan ciri yang kedua tidak menggunakan statistik dan non statistik.

Kemudian untuk ciri yang ketiga yang intinya adalah bahwa gambaran dari hasil penelitian itu betul-betul digambarkan secara mendalam.

"Secara deskriptif analitik yaitu membuat hubungan-hubungan membandingkan dan membuat suatu penyajian gambaran yang lengkap," sebutnya.

Menurutnya sangat jarang atau bahkan sedikit dalam menggunakan angka angka dalam pendekatan penelitian kualitatif.

"Ya jadi sangat sedikit menggunakan angka-angka mungkin pada saat awalnya saja untuk mengetahui dan menentukan responden atau yang disebut partisipan," ujarnya.

Lanjut dia, dalam penelitian kualitatif ini akan lebih banyak memakai penjelasa atau gambaran yang verbal.

"Mungkin kita menggunakan angka dalam pengambilan sampel nya. Tapi setelah itu akan lebih banyak menggunakan gambaran-gambaran verbal ya," ucapnya.

Dia menyarankan bagi teman teman mahasiswa yang pandai dalam menulis, suka dan hobi menulis sangat sesuai menggunakan pendekatan kualitatif.

"Jadi bagi teman-teman yang pandai menulis mengungkapkan dengan kata-kata cocok memilih pendekatan penelitian kualitatif," paparnya.

"Baik saya kira itu saja mudah-mudahan bermanfaat," sambungnya.

Ia menjelaskan sekali lagi, kesimpulannya apapun pendekat yang dipilih mau kualitatif maupun kuantitatif.

"Mana yang lebih cepat itu tergantung kepada teman-teman menyelesaikannya. Kalau diselesaikan secara sungguh-sungguh ya akan cepat selesai dan cepat lulus," pungkasnya.

Nah itulah sekilas pembahasan dan penjelasan singkat mengenai topik Tips Selesaikan Skripsi, Pakai Metode Penelitian Kualitatif ? Ini Caranya.

Related Posts

Posting Komentar