Ciri Ciri Kerangka Berpikir dalam Penelitian, Ini Penjelasannya

Ciri Ciri Kerangka Berpikir dalam Penelitian, Ini Penjelasannya

KAMPUSPEDIA - Apa saja ya ciri ciri dari kerangka penelitian dalam sebuah penelitian yang harus juga dipahami oleh peneliti atau mahasiswa.

Nah untuk menjawabnya, kamu bisa pahami penjelasan dibawah ini tentang topik pembahasan mengenai kerangka berpikir. Yuk baca.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam penulisan kerangka berpikir di dalam penelitian yang akan dilakukan.

Oleh karena itu penting juga untuk mengenal dan mengetahui ciri ciri kerangka berpikir dalam penelitian.

Dilansir KampusPedia dari Kanal Youtube Chodidjah Makarim, dalam video pembelajaran berjudul Kerangka Berpikir & Cara Membuatnya, diunggah pada 27 Oktober 2020.

Menurut Dr Chodidjah Makarim, M.Si mengatakan ada beberapa ciri dalam kerangka berpikir penelitian. Setidaknya ada lima cirinya.

"Lalu, gimana dan caranya seperti apa kita lihat, kerangka berpikir itu ditulis berdasarkan tinjauan pustaka dan hasil-hasil penelitian yang relevan," katanya, dikutip KampusPedia pada Minggu, 05 Desember 2021.

Ia melanjutkan tinjauan pustaka, kemudian hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian. Juga ada dukungan teori disitu, dijelaskan. 

Dia mengingatkan tapi jangan banyak-banyak upayakan dan usahakan yang ada di dalam kerangka berpikir mencoba menghindari teori lebih banyak.

"Kepada yang diungkapkan itu adalah hasil hasil penelitian yang relevan dengan penelitian kita," sebutnya.

"Nah kemudian teman-teman sekalian ciri-ciri kerangka berpikir, kalau kita membuat kerangka berpikir itu yang pertama kerangka berpikir itu bentuknya pernyataan," ujarnya.

Kemudian, jadi penjelasan dari bagan-bagan yang sudah di buat ada hubungan yang timbal balik atau tidak antar variabel.

Itu penjelasannya dalam bentuk pernyataan, yang kedua nggak usah banyak-banyak ya tapi jangan terlalu sedikit, ya minimal 3 paragraf.

"Nah yang berikutnya adalah berapa jumlah paragraf yang akan kita tulis untuk menjelaskan bagan ya tergantung banyak variabel," jelasnya.

Menurut dia, banyaknya variabel akan menentukan betapa menulisnya makin banyak paragrafnya. 

"Ya saya ulangi minimal usahakan tiga paragraf, bisa satu halaman ya. Tapi kalau misalnya variabel yang akan ditelitinya banyak bagi teman teman S2 atau S3 pastinya ungkapan pernyataannya akan lebih banyak," sebutnya.

Lanjutnya, sesuai dengan jumlah variabel. Kemudian di mulai dengan kata diduga, diperkirakan akan ada hubungan antara satu dengan yang lain, seperti itu diduga, diperkirakan. 

Kemudian, yang berikutnya adalah yang harus digaris bawahi adalah jangan lupa, usahakan tidak ada muatan teori, kecuali kalau terpaksa  banget, tapi usahakan gak usah ada teori.

"Dan yang kelima adalah mengarah kepada rumusan masalah yang akan kita akan dalam penelitian itu," pungkasnya.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman mengenai topik Ciri Ciri Kerangka Berpikir dalam Penelitian, Ini Penjelasannya.

Related Posts

Posting Komentar