Manfaat Kerangka Berpikir dalam Penelitian

 

Manfaat Kerangka Berpikir dalam Penelitian

KAMPUSPEDIA - Apa saja sih manfaat dari kerangka berpikir dalam penelitian yang dilakukan seorang peneliti maupun mahasiswa ?

Mau tahu yuk simak penjelasan dan ulasan mengenai pembahasan topik diatas tentang kerangka berpikir, yuk baca.

Setiap menulis sebuah karya tulis ilmiah atau menulis dan menyusun skripsi penelitian, mahasiswa pasti akan membuat kerangka berpikir.

Lalu apa ya manfaat yang sebenarnya dari kerangka berpikir dalam sebuah penelitian yang akan dilakukan tersebut. 

Dilansir KampusPedia dari Kanal YouTube Chodidjah Makarim seperti video pembelajaran berjudul Kerangka Berpikir & Cara Membuatnya, diunggah pada 27 Oktober 2020. 

Menurut Dr Chodidjah Makarim, M.Si mengatakan bahwa setidaknya ada empat manfaat dari adanya kerangka berpikir dalam penelitian karya ilmiah tersebut. 

"Kemudian, apa manfaat kerangka berpikir kenapa kita harus membuatnya," katanya, dikutip KampusPedia, Minggu, 05 Desember 2021.

Ia menuturkan ada empat poin penting dalam melihat manfaat dari kerangka berpikir di dalam penelitian tersebut.

"Nah manfaatnya adalah saya ambil empat saja manfaatnya, yang pertama manfaat kerangka berpikir itu adalah menentukan apa dan siapa yang akan dikaji," ucapnya.

"Atau yang tidak akan diteliti. Jadi kita jelaskan, kita akan meneliti apa dan meneliti siapa," imbuhnya. 

Kemudian yang kedua menjelaskan hubungan antar variabel dengan ditunjukkan melalui tanda panah.

"Itu tanda panah adalah bentuk komunikasi yang membacanya itu sebagai hubungan. Itu artinya kalau kita lihat tanda panah dari satu variabel ke variabel yang lainnya," paparnya.

Dia melanjutkan itu berarti variabel yang satu dengan yang lainnya ada hubungan. Kalau timbal balik berarti dua gitu ya. 

"Nah, kemudian yang ketiga adalah sebagai dasar untuk merumuskan hipotesis. Jadi manfaatnya kalau kita membuat kerangka berpikir itulah landasan untuk merumuskan hipotesis," sebutnya.

Kemudian, ia menyebutkan dan yang keempat manfaat dari kerangka berpikir adalah menjelaskan hubungan hubungan antar variabel dengan sub variabel secara jelas, sangat jelas.

"Nah dengan demikian, kalau kita sudah menjelaskan itu, kalau kita sudah lihat menggunakan kerangka berpikir Insya Allah akan terhindar dari kesalahan-kesalahan dalam berargumen," paparnya.

Ia menyarankan agar mahasiswa dalam menuliskan kerangka berpikir dengan cermat, teliti dan baik serta benar agar penelitiannya lancar. 

"Makanya usahakan kita membuat kerangka berpikir yang benar, yang tepat supaya penelitiannya tahap demi tahapnya itu akan berjalan dengan lancar," pungkasnya.

Nah itulah sekilas pemahaman dan penjelasan mengenai topik tentang Manfaat Kerangka Berpikir dalam Penelitian.

Related Posts

Posting Komentar